Gempa Malang 4.9 SR, Potensi Tsunami?

Gempa Malang 4.9 SR, Potensi Tsunami?

Gempa Malang 4.9 SR, Potensi Tsunami? – Gempa Malang mengguncang dini hari, Rabu (8/2/2017). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Jawa Timur, memastikan tidak ada kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 4.9 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Malang dan sekitarnya itu.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa di Malang berkekuatan 4.9 SR terjadi pukul 00:21:49 WIB dini hari. Lokasi gempa berada di 8.52 LS,113.11 BT atau 45 kilometer barat daya Lumajang pada kedalaman 126 kilometer.

Guncangan gempa dirasakan di berbagai daerah dengan skala berbeda. Di Malang, Jember, Blitar, Trenggalek, Jawa Timur serta Nusa Dua dan Tabanan Bali dilaporkan skala guncangan III Modifield Mercalli Intensity (MMI) serta di Kuta Bali berskala II MMI.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setyono, mengatakan, hampir seluruh wilayah Kabupaten Malang merasakan getaran akibat gempa tersebut.

“Tapi sampai pagi ini tidak ada laporan kerusakan apapun. Semua tetap aman,” kata Bagyo di Malang, Rabu (8/2/2017).

Hal senada dikatakan Kepala BPBD Kabupaten Lumajang, M. Wawan Hadi. Ia menyebut tidak ada kerusakan apapun dampak guncangan gempa dini hari itu.”Alhamdulillah aman terkendali, nihil korban,” tutur Hadi.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Musripan mengatakan, hanya sekali terjadi gempa akibat aktivitas sesar di samudera hindia tersebut.

“Tidak ada aktivitas gempa bumi susulan setelah gempa pertama terjadi. Gempa Malang itu juga tak berpotensi menyebabkan tsunami,” kata Musripan.(liputan6.com)

Facebook Comments

Share This