Studi: Duduk 8 Jam Saat Kerja Bisa Sebabkan ‘Kematian Sia-sia’

Studi: Duduk 8 Jam Saat Kerja Bisa Sebabkan ‘Kematian Sia-sia’

Studi: Duduk 8 Jam Saat Kerja Bisa Sebabkan ‘Kematian Sia-sia’ – Gaya hidup duduk berkepanjangan dalam lingkungan pekerjaan rutin, masuk pukul 09.00 pagi dan pulang pukul 17.00 sore, ditengarai menjadi pemicu pandemi kurang gerak yang menyebabkan 90.000 kematian sia-sia, demikian diperingatkan oleh para pakar.

Menurut para pakar tersebut, orang yang duduk selama 8 jam sehari harus melakukan olah raga setidaknya selama 1 jam sehari untuk menawar dampak buruk itu.

Menurut data 1 juta orang dewasa dari 16 penelitian seluruh dunia, termasuk di Inggris, AS, Kanada, dan Australia, terungkap bahwa orang dewasa yang duduk terus-menerus selama 8 jam sehari berkemungkinan 59 persen untuk meninggal dalam 20 tahun ke depan. Angka kemungkinan ini lebih tinggi daripada yang duduk diam kurang dari 4 jam sehari.

Anjuran penelitian ini bahkan lebih ketat daripada badan kesehatan dunia, WHO, yang menganjurkan olah raga sedang selama 30 menit setiap hari, sebanyak 5 hari dalam seminggu.

Dikutip dari Daily Mail pada Senin (1/8/2016), olah raga tersebut misalnya dalam bentuk jalan ringan atau sepeda statis. Olah raga dapat mengurangsi risiko kematian hingga 60 persen, demikian menurut penelitian Cambridge University.

    Halaman Selanjutnya
  • 1
  • 2
  • 3

Facebook Comments

Share This